Innalaha ma ‘ash Shoobiriin

… Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

(QS. Al Baqarah: 153)

Aku yakin pernyataan ini adalah salah satu janji-janji dari banyak janji yang Allah swt. sebutkan dalam Al Quran. Memang tidak sembarangan orang yang akan Allah dekati apalagi selalu dijaga dan disertai olehNYA. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Janji ini hanya untuk orang-orang yang sabar saja. Orang yang pada saat dilanda masalah selalu mengingat Allah, orang yang pada saat dirundung kesedihan selalu mengadu kepada Allah. Hanya untuk orang-orang yang pada saat merasa ditinggalkan oleh orang-orang disekitarnya – orang-orang yang dahulu dekat – , tidak merasa depresi karena yakin Allah selalu di sisi. Juga hanya untuk orang-orang yang jika diberikan amanah, maka akan menjalankannya dengan baik dan totalitas. Ini khusus untuk orang-orang spesial yang tidak pernah merasa putus asa atas rahmat Allah.

Katakanlah: “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(QS. Az Zumar: 53)

Diingatkan sekali lagi bahwa janji ini hanya untuk orang-orang yang sabar saja. Maaf saja, tidak berlaku untuk kalian yang ga sabaran. Orang-orang yang pada saat merasa tekanan makin menekan hanya bisa diam dan tidak produktif. Orang-orang yang pada saat ditabrak musibah hanya bisa terpuruk tak berdaya. Orang-orang yang saat butuh dukungan namun saat tak seorang pun datang mendukungnya lalu mulai meninggalkan kebaikan-kebaikan, malah melakukan maksiat. Orang-orang yang mengabaikan amanah-amanahnya saat ujian-ujian melanda, sibuk untuk bersedih hati, sibuk mencari dukungan manusia, sibuk marah kepada Allah, mempertanyakan ini mempertanyakan itu. Kenapa aku yang menerima cobaan ini?

Dan itulah prasangkamu yang telah kamu sangkakan terhadap Tuhanmu, (dugaan itu) telah membinasakan kamu, Sehingga jadilah kamu termasuk orang-orang yang merugi.

(QS. Fushshilat: 23)

Dan sungguh sulit untuk menjadi seorang yang sabar. Sungguh bukan hal yang mudah untuk bisa menerima semua cobaan itu ternyata untuk diri ini. Sungguh sulit. Maka dari itu janji yang sangat indah ditawarkan Allah untuk orang-orang yang dapat melewati semua ujian-ujian yang diberikan. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Orang-orang yang tidak pernah berhenti berharap untuk menantikan kemudahan itu datang menyapa. Orang-orang yang sadar atas hakikat penciptaan dirinya. Hidup itu berat, Saudaraku. Dan ujian-ujian itu ada khusus untukmu, spesial untuk dirimu. Karena Allah tahu bahwa hanya dirimulah satu-satunya orang yang mampu menanggungnya. Dirimulah orang-orang terpilih itu. Bukan orang lain.

Jangan kasihani dirimu. Kamu bukan satu-satunya orang yang menderita. Lihat sekitarmu. Seharusnya, saat dirimu sadar bahwa semua orang butuh dukungan atas masalah mereka, maka jadilah pendukung-pendukung itu. Hidup hanya sekali bung! Maka jadikan dirimu legenda untuk orang lain. :)

… “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.”

(QS. Ali ‘Imran: 191 )

2 thoughts on “Innalaha ma ‘ash Shoobiriin

  1. Sage says:

    Ijin copast smua artikelx akhi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: