Bukan Salah Setan

Lha, emang itu tugas mereka kok!!!

Dirimu mulai lalai, lalu sifat malas mulai menggelayut, ditambah-tambah sudah tidak ada semangat untuk bergerak -bergerak untuk lakukan apapun- dan yang paling parah dirimu sudah malas ibadah (meninggalkan ibadah yang biasa kau lakukan) dan berakhir dengan tragis dengan melakukan maksiat. Nau’udzubillah!

Salah setan?! Jelas-jelas ini salah mereka. Namun perlu kau tahu,  Saudaraku,  bahwa inilah komitmen mereka,

Iblis berkata:  “Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan”. Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh sampai kepada  hari yang  telah  ditentukan waktunya  (hari Kiamat)”. Iblis menjawab:  “Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya,
[QS. Sa’d(38): 80-82]

Lha emang itu tugas mereka kok!!! Bukan salah mereka kenapa dirimu yang lugu (lucu-lucu guoblok. red) mau-maunya dan bisa-bisanya tergoda mereka. Dibisik-bisiki kok mau, di goda-goda kok senang, disuruh-suruh kok ngikut.

Kalau mau salah-menyalahkan, maka diri kita aja yang lemah, diri kita aja yang tidak mau mencari ilmu, diri kita aja yang tidak mau menambah kekuatan iman…. Menambah ketegaran ketaqwaan. Salah kita sehingga kita lalai, salah kita sehingga kita malas, sehingga kita tidak mau lagi bergerak, sehingga tidak lagi mengerjakan amalan rutin, salah kita mengapa kita bisa terjerumus untuk lakukan maksiat….

Salahkan diri sendiri karena kita turun kualitas. Sedang Allah sudah berjanji bahwa manusia tidak akan diganggu oleh mereka,

Kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka. Allah berfirman: “Maka yang benar (adalah  sumpah-Ku)  dan hanya kebenaran itulah yang Ku-katakan”.

[QS. Sa’d(38): 83]

Berusahalah agar setan tidak menguasaimu. Dirimu adalah milikmu. Tuan yang memerintah jiwa, raga, dan hatimu adalah dirimu. Bukan setan. Mereka tidak berhak -sama sekali- tidak punya wewenang apa pun terhadap dirimu. Ingat itu. Berusaha untuk selalu ikhlas dan perkuat pondasi diri kita. Pertanyakan aqidah kita jika kualiatas diri kita terus turun. Karena aqidah adalah kuncimu dalam melaksanakan agama ini.

Setan itu musuh sejati. Jika Allah sampai bersumpah bahwa para mukhlis-lah orang-orang yang berhasil itu, maka pangkat mukhlis ini sangat sulit untuk menggapainya. Mereka bisa menggoda dirimu, maka seharusnya dirimu yakin bisa tahan godaan mereka.

“Kalau saja iblis bisa tidur, tentu kita dapat hidup santai.”

(Imam Hasan Al Bashri rahimallah)

-tulisan untuk diri sendiri-

3 thoughts on “Bukan Salah Setan

  1. putrichairina says:

    “Jazakillah ahsanul jaza” sudah diingatkan, za.

  2. Siti Dj 6Mi says:

    iyaya…..

    kok mau digoda dan dirayu

  3. febryanti says:

    kak, saya izin nge link blog kk ke blog saya ya[udah di link si sebenarnya, maap]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: