Lingkaran Syukur

Aku menyebutnya, lingkaran syukur….

Beginilah jika sudah jadi pengangguran, tidak ada kerjaan, everyday is sunday, mana sekarang lagi masuk angin. Ah…, lengkap sudah penderitaanku. Tapi lagi-lagi Allah azza wa jalla mengijinkanku tersenyum hari ini. Sangat menyegarkan.

Lingkaran syukur adalah; Saat kita mendapatkan suatu nikmat, maka otomatis kita mengucap syukur, melakukan pujian kehadiratNYA, mengucap alhamdulillah…. Pujian merupakan suatu amal solih. Amal solih pun mengahasilkan pahala. Dan pahala merupakan nikmat dari Allah azza wa jalla. Maka apa yang kita lakukan saat mendapatkan nikmat? Nikmat pun disyukuri , syukur membuat kita memuji, memuji adalah amal solih, amal solih diganjar pahala, pahala adalah nikmat, maka lingkaran syukur itu akan terus berputar…. Dan kita tidak akan pernah cukup untuk bersyukur. Tidak akan pernah.

“Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu berfirman: “Jika kamu bersyukur, niscaya kami tambah nikmat-Ku untukmu, dan jika kamu kufur niscaya azab-Ku sangat pedih.

[Ibrahim (14): 7]

HAH! Manusia tidak boleh sekali-kali sombong oleh karenanya. Seperti nikmat malam ini yang aku rasakan;

Perut tidak bisa diajak kompromi, sakit pisan…. Tapi harus terus dipaksa makan, bisa tambah masuk angin kalau ga makan. Untungnya nasi uduk masih buka. Jadi bisa sekalian curhat masuk angin ke ibu uduk. Makan sambil tidak enak perut itu menyebalkan. Tidak nikmat. Tapi ternyata jadi nikmat saat terakhir, saat sudah menerima uang kembalian.

“Duh, Bu mau pulang aja deh. Balik ya… Masuk angin nih.”, kataku pamit.

“Masuk angin mah bersiul aja….”. Kalimat spontan yang sangat biasa. Tapi saat itu kok rasanya sangat lucu. Spontan pun aku tertawa. Tertawa sambil berjalan menuju masjid Syamsul ‘Ulum.

Dalam hati berkata, ada-ada saja – kok bisa masuk angin obatnya bersiul. Senyum-senyum sendiri di sepanjang perjalanan. Benar-benar melupakan nyeri di perut saat itu. Aku hanya yakin Allah-lah yang berikan ijin agar kalimat itu bisa jadi sumber nikmatku. Hahahahaha…. Sangat menyegarkan.

Ah, terima kasih ya Allah…. Alhamdulillah….

5 thoughts on “Lingkaran Syukur

  1. RuleZ says:

    minum obat antangin atuh akang… :D

  2. nand says:

    semangat Za,,
    nanti kalo sibuk pasti pingin nganggur deh,,percaya ;)

  3. Aldo Al Fakhr says:

    ada2 aj….
    semangat akh…..

  4. tetapbergerak says:

    tenang aj mas…
    insya Allah sudah disiapkan oleh Allah yang terbaik buat mas…

    sapa tau mas nikah dulu, trus dipanggil kerja deh… :D

  5. Wah kalau sekarang ngak masuk angin lagi dong Ngot,, kan udah kemasukan rezki,,
    doaken ane juga bisa nyusul ya,, (nyusul kemana coba,, InsyaAllah surga Allah Akhi,, :D )
    Sukses buat kerjaan nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: