Dua Waktu Dingin

Abu Musa mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang shalat pada dua waktu dingin maka ia masuk surga.” (Mutafaqun alaih)

Apa pula dua waktu dingin itu? Dahulu jaman Rasulullah saw. dua waktu ini adalah dua waktu yang dingin secara dzahir. Waktu dimana semua individu saat itu, yaitu para sahabat merasakan bahwa melaksanakan shalat adalah sesuatu yang sulit. Sesuatu yang perlu pemaksaan diri, sesuatu yang memerlukan perjuangan ekstra untuk mengalahkan kesibukan yang sedang dilakukan. Para sahabat saat masih bersama Rasulullah saw. saja merasakan hal ini apalagi kita umat masa kini yang gangguannya lebih banyak, yang kesibukannya seringnya diada-adakan, yang sakit malasnya lebih akut.

Dua waktu dingin itu adalah shalat subuh dan shalat ashar.

Dua waktu sibuk; sibuk tidur dan sibuk kerja. Padahal Allah sudah berbaik hati dengan shalat subuh. Why subuh pray is only has two rakaat? Sebagai manusia yang dianugerahi kepala indah berisi organ yang disebut otak seharusnya mengerti. Allah tahu hambanya sulit melaksanakan shalat subuh, maka subuh adalah shalat dengan rakaat paling minim daripada shalat wajib yang lain. Kurang baik apalagi, Kawan?

Waktu ashar adalah waktu nanggung. Nanggung dengan kesibukan pekerjaan. Nanggung tutup toko, nanggung pulang kantor, nanggung ngerjain tugas… Padahal shalat itu tidak pernah menyita waktu. Jika shalat sendiri shalat bisa dibuat versi shinkansen, versi KRL ekspress, atau versi KRL ekonomi. Bisa sangat cepat. Hanya untuk menghadap selama paling lama 15 menit saja kita tidak mampu. Masih menunda-nunda. Lalu protes saat rejekimu ditunda. Aih, Allah selalu baik sedang kita yang tidak…

Seseorang pun bertanya, “Apakah ini berlaku untuk shalat sendiri atau shalat berjamaah?”

Syurga itu tinggi, Bro… Maka untuk mencapainya perlu tangga yang tinggi pula. Kita semua tahu ganjaran shalat sendiri itu 1 (satu) sedang shalat berjamaah diganjar 27. Anak tangga mana yang kau pilih? Yang ruasnya satu atau yang ruasnya 27? Tidak perlu ditanya lagi. Hanya manusia yang berani berubah, konsisten, dan punya kesabaran level tingkat super saiya yang bisa mencapainya.

Tidak akan miskin orang yang pakai 15 menitnya untuk setiap shalatnya…

“Lalu yang shalat sendiri di dua waktu dingin tidak akan masuk syurga?”

Jawabannya,

“Barangsiapa yang akhir ucapannya laa ilaaha illallah, pasti ia masuk surga.” (HR. Al-Hakim, hadits hasan)

Lalu,

Dari Ibnu Mas’ud ra., berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda yang mafhumnya “ Barangsiapa meninggal dunia dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun, maka ia akan masuk syurga.” (HR Ahmad)

Lalu menurutmu mudah mengucapkan kalimat laa ilaaha illallah itu di saat sakaratul maut kita?

Lalu adakah jaminan diri ini tidak terjerumus dalam kesyirikan menyekutukan Allah dengan selainnya, padahal terkadang kita mudah sekali melakukan riya, melakukan amalan untuk dipuji dan dibanggakan oleh manusia ciptaanNYA? Masih senang baca astrologi yang sama dengan mendatangi dukun… Nau’dzubillah.

Dua waktu dingin ini adalah waktu dengan keutamaan yang lebih. Dengan ganjaran pahala yang lebih besar daripada waktu shalat yang lain. Dan bukan berarti shalat lain tidak penting. Shalat lima waktu itu fardlu ‘ain, Kawan.Shalat lima waktu adalah amalan yang akan dihitung pertama kali. Saat Allah memberikan keutamaan lebih, berarti waktu itu adalah waktu-waktu sulit. Times that need your high level patient! Seperti bekerja di hari libur berbeda bayaran daripada di hari biasa…

Wallahu a’lam… Semoga bermanfaat.

Mari hidup dengan syariat. Syariat itu mudah, tapi bukan untuk dimudah-mudahkan…

nb: CMIIW

2 thoughts on “Dua Waktu Dingin

  1. risna1911z says:

    kalo sholat isya’ kak?

    • abdullah says:

      Klo shalat isya keterangannyayang kak tahu itu tentang orang munafik aja risna;
      “Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya’ dan shalat subuh”(HR.Ahmad)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: