Pohon-pun Dibawa Mati

Sebelum Al Gore, orang Amerika Serikat mengumumkan tentang terjadinya global warming pada tahun 2009, Rasulullah saw. sudah menganjurkan kepada seluruh umat muslim untuk peduli terhadap lingkungan, anjuran untuk menanam pohon lebih dari 1500 tahun yang lalu,

“Tak ada seorang muslim yang menanam pohon, kecuali apa yang dimakan dari pohon itu adalah sedekah baginya, dan yang dicuri (dari pohon itu) akan menjadi sedekah baginya. Apa saja yang dimakan oleh binatang buas dari pohon itu menjadi sedekah. Apapun yang dimakan oleh burung dari pohon itu menjadi sedekah. (Bahkan walau.red) tidak ada yang mengurangi apapun dari tanaman itu, kecuali itu pun akan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim)

“Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanam sebelum terjadi kiamat maka hendaklah dia menanamnya.” (HR. Imam Ahmad)

Di dalam riwayat yang lain bahwa menanam tanaman adalah salah satu amalan yang tidak terputus sampai hari kiamat, seperti yang dikemukakan oleh Al-Imam Abu Zakariyya Yahya Ibn Syarof An-Nawawiy -rahimahullah- berkata, “Di dalam hadits-hadits ini terdapat keutamaan menanam pohon dan tanaman, bahwa pahala pelakunya akan terus berjalan (mengalir) selama pohon dan tanaman itu ada, serta sesuatu (bibit) yang lahir darinya sampai hari kiamat masih ada.

Aih, seorang muslim harus tahu berbagai cara untuk meraih surga. Kalau ada yang gampang, kenapa harus melakukan yang susah. Nah, ini dia salah satu amalan gampang yang tidak akan habis sampai ajal menjemput. Dan ini menambah dari tiga hal (shadaqah jariyah, doa anak shalih, dan ilmu yang bermanfaat) yang tidak terputus setelah kita meninggal. It is just simple; planting a plant…

Aku percaya bahwa melakukan kebaikan itu candu. Maka buat yang kecil-kecil dulu, maka kau akan candu untuk melakukan yang sedang-sedang, dan kemudian kau akan ketagihan untuk sibuk dengan kebaikan yang besar-besar. Maka jangan tunda kebaikan sekecil apapun, walau hanya memberikan seekor anjing minuman, menyingkirkan batu di jalan, dan tersenyum tulus untuk saudara-saudaramu. NOW! Don’t delay to do good things!

Oiya, untuk yang terakhir; bahwa menanam tanaman ini tidak berpengaruh dengan niat awal. Pahala shadaqah yang dijanjikan akan tetap mengalir kepada si penanam pohon walau si penanam tidak berniat atas tanaman yang ditanamnya sebagai shadaqah. So, lebih baik lagi jika kita niatkan awal untuk mendapatkan keridhoan Allah azza wa jalla. Kita menyelamatkan dunia dari global warming sekaligus kita melakukan investasi langit yang akan menyelamatkan kita di akhirat kelak.

Wallahu a’lam… Selamat menanam :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: