Tulis Sesukamu

Tulislah apa yang kau ingin tulis. Karena menulis itu melukis isi hati. Membuat apa yang ada di dalam sini (hati) bisa tergambar jelas oleh mereka (yang membaca). Membacanya seperti melihat sketsa-sketsa yang terlintas dalam benakmu, membaca kisahmu layaknya melihat gambar utuh apa yang ingin kau sampaikan. Mungkin pemahamannya berbeda, mungkin tafsirannya tidak sama, namun gambarnya tetap jelas.

Tulislah apa yang kau ingin tulis. Karena menulis itu menyampaikan. Kau seakan berbisik kepada mereka. Perlahan hingga dia (pembaca) jelas, terkadang awalnya terdengar samar hingga dia (pembaca) mengerti. Membaca lalu manggut-manggut mengerti, membaca lalu gelisah karena mengena tepat di hati, terkadang bahkan tersenyum karena mendapatkan petualangan baru tanpa harus mengalaminya sendiri.

Tulislah apa yang ingin kau tulis. Mungkin tidak penting untuk orang lain, mungkin tidak berguna untuk mereka yang membaca. Karena menulis itu menuangkan perasaan. Hati tidak pernah cukup untuk jadi brankas raksasa untuk menyimpan semua perasaaanmu yang melimpah melebihi samudera. Menulis bukan untuk membuang, tapi menulis untuk menuang. Karena manusia itu pelupa, biarkan tuangan ini jadi pengingat di saat tidak ingat, menjadi penyegar jiwa saat kita sedang lupa. Semua yang terjadi itu hikmah. Biarkan hikmah bisa jadi hikmah untuk orang lain. Everlasting hikmah…

Wallahu a’lam….

Tulisan ini tulisan pendek. Entah ada artinya atau tidak untukmu yang membaca. Aku hanya ingin menulis. That’s it!

One thought on “Tulis Sesukamu

  1. Catur says:

    deuh….yg bentar lagi nikah….;-) berarti nanti tidak boleh ada yg mengubah namanya menjadi Memoria Pramana :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: