Manual Hidup

Pengumuman-pengumuman; ALLAH TIDAK PERNAH MENGELUARKAN MANUAL UNTUK MASUK NERAKA. Al Quran diturunkan sebagai manual hidup menuju surga untuk seluruh umat sepanjang jaman, dilengkapi dengan Al Hadist sebagai penjelas yang dibawa oleh Muhammad saw..

Sebuah IC (integrated circuit) tertentu saja ada data sheetnya. Mau pemrograman Matlab juga tidak bisa sembarangan, harus sesuai dengan manualnya. Semua ada manualnya. Tidak bisa sembarangan. Jika mau semuanya berjalan lancar, maka baca buku manualnya, lakukan langkah-langkah yang dimengerti, jika bingung bertanya kepada yang ahli. Mau otodidak atau mau dengan bimbingan ahli semuanya memang tidak bisa instan. Semua pelan-pelan berjalan. Jika konsisten maka akan mahir dengan sendirinya.

Lalu sudahkah anda baca manual hidup anda dengan benar?

Jawab masing-masing ya. Malas ah, harus ingatkan manusia berumur tentang ingat kematian. Pertanyaan, ‘kapan kita mati?’ atau  ‘berapa lama lagi sisa hidup kita?’ sudah terlalu sering dilontarkan. Terkadang, kitanya aja yang batu. Hati keras sekeras karang. Hati berkerak dari permukaan sampai ke dasar. Mari kita lembutkan kembali di bulan Ramadlan ini, hilangkan kerak agar cahaya hidayah mudah tembus. Tidak mantul saat diberi tausiyah, tidak mental saat dikasi ceramah.

Biasanya manusia itu paling suka diiming-iming dengan hadiah. Nih, hadiah dari Allah untuk para pembaca Al Quran,

Ibnu Mas’ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” [HR. Tirmidzi]

STOOOP! 

Jangan baca lagi jika saat membaca hadis di atas ada perasaan, ‘hanya itu?’. Jangan pernah membuat dunia lebih nyata daripada akhirat. Karena hidup berakhir di dalam lubang, karena hidup selesai dengan membusuk menjadi bangkai. Tidak bawa apa-apa. Hanya bawa ‘koin emas’ bernama pahala.

Ramadlan bulan dimana diturunkan Al Quran. Maka bertambah intimlah dengan Al Quran. Sering-seringlah berinteraksi. Membacanya, mentadabburi, menghapalkannya, dan baik sekali jika diamalkan. Membacanya saja diganjar banyak pahala, apalagi lebih dari itu. Apalagi di bulan Ramadlan. Banyak kuadrat :D

Selamat di dunia dengan Al Quran, selamat di akhirat dengan Al Quran, dan selamat di dunia dan akhirat pun dengan Al Quran. Apalagi yang diingikan hamba selain selamat dari segala yang kita tidak sukai. So, jika tidak suka masuk neraka jangan aneh-aneh. Pegang manualnya – baca Al Quran didampingi dengan hadist serta jangan lupa bertanya jika tidak mengerti kepada para ulama yang ahli. Wis itu tok, ga sulit tho?

Selamat membaca AL QURAN! :)

One thought on “Manual Hidup

  1. super sekali akhee :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: