Ayat Motivasi Puasa

Katanya… Ini sih masih katanya, entah ngefek tidak kepadamu.

Katanya ini motivasi, katanya ini penyemangat, katanya ini sebagai alasan mereka untuk shaum, baik shaum wajib maupun shaum sunnah. Entah ada efeknya untukmu atau tidak. Tapi ini katanya salah satu ayat motivasi bagi semua yang berpuasa.

“(Kepada mereka dikatakan): “Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu”.” [QS. Al Haqqah: 24]

Mujahid dan selainnya mengatakan, ”Ayat ini turun pada orang yang berpuasa. Barangsiapa meninggalkan makan, minum, dan syahwatnya karena Allah, maka Allah akan memberi ganti dengan makanan dan minuman yang lebih baik, serta akan mendapat ganti dengan pasangan di akhirat yang kekal (tidak mati).” [Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 72] Inilah balasan untuk orang yang gemar berpuasa.

Termotivasi? Heran kan dengan orang-orang terdahulu… Mereka membuat surga begitu nyata di depan mata. Sedang manusia kini membuat dunia selalu lebih nyata daripada apapun. Mungkin orang-orang terdahulu heran lihat kita, calon masuk neraka kok santai-santai. Sedang mereka para pendahulu selalu resah apakah berakhir mendapat nikmat atau tamat untuk dilaknat.

Wallahu a’lam….

Sepertinya kita harus belajar lagi bagaimana cara termotivasi untuk masuk surga. Entahlah…, makin hari masjid makin sepi, makin banyak wanita yang tidak menutup aurat, makin banyak yang protes dengan fatwa para ulama… Pada ga pengen masuk surga kali ya… Semoga bukan kita.

2 thoughts on “Ayat Motivasi Puasa

  1. Muhammad says:

    ya semoga kita termasuk orang yang diberi nikmat saja…
    sukses dunia akhirat bung :d

    btw bung reza ada juga kok mesjid yg makin rame :D

  2. emiksan says:

    Nice motivasi..terkadang emang kita lupa surga dan neraka, coz terkelabui dgn ‘surga’ dunia.
    Justru ane melihat ada bbrp masjid mulai rame, wanita yg menutup aurat mulai banyak walaupun sedikit-sedikit, yang protes fatwa para ulama emang banyak (soalnya mereka masih merasa lebih pintar) :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: