Ramadlan Sepanjang Tahun

Ternyata kedudukannya MAUDHU‘…

Dari Abu Mas’ud Al Ghifari radhiyallohu anhu berkata : “Saya telah mendengar Rasulullah shallallohu alaihi wasallam bersabda pada suatu hari ketika bulan Ramadhan telah datang : “Seandainya para hamba mengetahui apa (hakikat) bulan Ramadhan maka tentu ummatku menginginkan Ramadhan itu sepanjang tahun,… Sesungguhnya surga berhias untuk bulan Ramadhan di setiap penghujung tahun ke tahun berikutnya…”

Tarawih hari kesepuluh saja sudah surut gelombang shaf shalatnya apalagi tarawihnya sampai sepanjang tahun? Tapi memang Allah tabaraka wa ta’ala itu paling tahu tipikal manusia, tipikal hamba-hambanya yang mudah jenuh. orang yang paling semangat pun pasti punya kejenuhan jika dilakukan terus menerus. Karenanya Rasulullah saw., pernah marah saat mendengar ada sahabat-sahabatnya yang ingin puasa sepanjang tahun, shalat malam sepanjang malam, bahkan membujang selamanya!

Pernah suatu ketika tiga orang Shahabat radhiyallaahu ‘anhum datang bertanya kepada isteri-isteri Nabi shal-lallaahu ‘alaihi wa sallam tentang peribadahan beliau. Kemudian setelah diterangkan, masing-masing ingin meningkatkan ibadah mereka. Salah seorang dari mereka berkata: “Adapun saya, maka sungguh saya akan puasa sepanjang masa tanpa putus. Shahabat yang lain ber-kata: “Adapun saya, maka saya akan shalat malam selama-lamanya.” Yang lain berkata, “Sungguh saya akan menjauhi wanita, saya tidak akan nikah selama-lamanya… dst” Ketika hal itu didengar oleh Nabi shal-lallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau keluar seraya bersabda: “Benarkah kalian telah berkata begini dan begitu? Demi Allah, sesungguhnya akulah yang paling takut kepada Allah dan paling taqwa kepada-Nya di antara kalian. Akan tetapi aku berpuasa dan aku ber-buka, aku shalat dan aku pun tidur, dan aku juga menikahi wanita. Maka, barangsiapa yang tidak menyukai Sunnahku, ia tidak termasuk golonganku.” [HR. Bukhari Muslim]

Agama ini sederhana… Jangan ditambah-tambah (yang biasa kita sebut dengan bid’ah) karena kalau ditambah-tambah malah terkesan ribet, mengeluarkan lebih banyak biaya, dan menghabiskan waktu percuma. Mending dapat pahala, kalau dapatnya malah dosa bagaimana? Maka dari itu jangan pernah taklid terhadap apa yang kita sering dengar, dan tidak mau menerima dengan yang baru kita dengar padahal itu ada hadisnya dan kedudukannya shahih pulak.

Maka dari itu Rasulullah memberikan solusi kepada mereka yang ingin puasa dengan pahala puasa sepanjang tahun namun tidak menjalankannya sepanjang tahun. Dan hadis ini menguatkan kepalsuan hadis tentang keinginan Ramadlan sepanjang tahun.

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadlan, lalu ia mengiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti puasa selama setahun” (HR. Muslim no. 1164, Abu Dawud no. 2433, At-Tirmidzi no. 759, dan lain-lain).

Voila! Solutif kan?! Beginilah Islam memuaskan hasratmu untuk terus beribadah kepada Allah tabaraka wa ta’ala. Sederhana bukan? Mudah bagi yang mau melakukan dan sulit kepada yang tidak mau.

Semoga kita adalah orang-orang yang mampu memanfaatkan Ramadlan tahun ini dengan sebaik-baiknya… Mintalah ampunan Allah, karena ampunannya melahirkan cintaNYA, jika Allah sudah cinta maka dunia akan jadi mudah dengan kesulitan apapun.

Karena Anda mendapatkan musibah jika sampai Ramadlan berakhir Anda belum mendapatkan ampunannya… Celaka, celaka, celaka….

‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’

Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku

(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Wallahu a’lam bish shawaab…

One thought on “Ramadlan Sepanjang Tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: