The Alchemist

Hanya ingin menulis bebas. Menulis itu membebaskan pikiran. Menulis adalah cara sebagian orang untuk bicara tanpa suara. Menulis untuk berpikir. Menulis itu meditasi; mencari-cari kata yang tepat, menggali-gali rasa yang pernah ada, mengingat-ingat teori-teori yang dibaca lalu terjadi nyata, lalu akhirnya menemukan sesuatu yang baru dari hal-hal lama. Seperti seorang alchemist/ahli kimia; memadukan untuk menemukan.

Hanya ingin sembarang mengarang. Tidak ada tujuan, tidak ada keinginan, tidak tahu harus melakukan apa, tidak harus menulis padahal, namun memilih menulis untuk mengekspresikan kebosanan. Menulis adalah menyajikan kata untuk disantap oleh mereka yang lapar. Menulis itu meracik gagasan sederhana dalam balutan diksi dan majas yang mudah dimengerti, walau terkadang hal-hal rahasia lebih enak dibuat rumit agar hanya penulis saja yang mengerti apa artinya dengan makna yang tetap tersampaikan. Seperti seorang chef/ahli masak; mencampur untuk membuat rasa.

Hanya ingin corat-coret abstrak saja. Ingin berlari namun terkurung, ingin teriak namun terlalu ramai, ingin menangis namun merasa tak pantas, ingin merusak barang-barang sekitar untuk lega namun terlarang (dan mahal juga). Menulis adalah melukis tanpa warna namun tergambar nyata. Menulis itu memahat tanpa bentuk namun terasa lekukannya. Menulis seperti memimpin orkestra sebagai konduktor mengatur semua kata menjadi irama, mengatur semuanya mengalir menjadi nada. Seperti seorang artist; ekspresi berubah jadi karya.

Menulis adalah ekspresi warna-warni hati berubah jadi kata. Dibuang agar tenang, ditampung agar tidak menggelembung, didepak agar tidak meledak, dipahat agar jadi manfaat, menulis melakukan itu semua.

Maka menulislah…  Bikin blog. Tapi terserah sih. Hanya berharap semua tulisan bisa jadi manfaat walaupun jari sudah tidak bisa menekan tuts keyboard lagi.

2 thoughts on “The Alchemist

  1. wira says:

    Semangat kaka…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: